Breaking News

Hari Festival Mendongeng 24 Jam Akan Hadir Di Kota Padang Panjang

Betrans, Padang Panjang ~ Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan dan Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang akan menyemarakkan Hari Festival Mendongeng 24 Jam.

Puluhan pendongeng dari Sumatera Barat(Sumbar) dan luar Sumatera Barat (Sumbar) akan tampil di Festival tersebut pada Sabtu (24/3) mendatang tepatnya di Gang Aster, Kelurahan Bukit Surungan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Alvi Sena, ST, MT mengatakan, tujuan diadakan Festival ini adalah untuk mengedukasi masyarakat agar menghidupkan kebiasaan mendongeng bagi anak baik di rumah maupun di lembaga pendidikan formal dan nonformal.

Beliau juga menambahkan, mendongeng dapat membantu melatih mental dan kepercayaan diri anak, dan juga dapat menambah wawasan anak.

"Melalui mendongeng ini kita bisa sampaikan pesan-pesan positif yang dapat membentuk karakter anak. Jika anak diajar mendongeng, banyak nilai yang didapatkan seperti nilai tambah untuk membantu membentuk kepercayaan dirinya dalam berkomunikasi,membantu menumbuhkan kepercayaan diri dari anak" kata Alvi Sena.

Sementara itu Ketua FPL Muhammad Subhan mengatakan, Festival Mendongeng ini bersifat swadaya, melibatkan pendongeng-pendongeng kreatif yang peduli terhadap dunia anak. Pendongeng-pendongeng akan mendongeng secara sukarela, estafet, dan memanfaatkan berbagai media yang dikuasai.

Festival ini diharapkan mampu memberi edukasi kepada masyarakat terhadap pentingnya mendongeng pada anak, baik di rumah, di lembaga-lembaga pendidikan formal dan nonformal, maupun di masyarakat.

Pendongeng-pendongeng yang tampil di festival ini tidak harus yang sudah mahir, tetapi siapa saja boleh mendongeng, seperti guru, siswa, mahasiswa, perawat, ibu rumah tangga, maupun yang berlatar berbagai profesi lainnya.

Pendongeng dari luar Sumbar yang ikut di antaranya berasal dari Tangerang Selatan dan Riau. Lalu yang di Sumbar berasal dari Pasaman Barat, Bukittinggi, Payakumbuh dan lainnya, hingga saat ini peserta yang telah mendaftar sebanyak 52 orang pendongeng yang berasal dari Padang Panjang dan luar Padang Panjang, tambah Subhan. (ki)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi