Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, dioperasikannya Kereta API jalur Padang – Duku – BIM selain mengurai kemacetan lalu lintas juga akan mengefesienkan biaya bagi masyarakat


Betrans,SUMBAR- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beserta rombongan dan Kadivre II Sumbar Yuherman lakukan uji coba rangkaian KRDE Minangkabau ekspres, Ujicoba ini dilakukan dengan mengambil rute  Padang – Duku – BIM.
Setelah mencukupi penggunaan Jalur Kereta api Padang – Duku ke BIM baru soft launching dilaksanakan sekitar tanggal 2 Mei 2018 oleh Menteri Perhubungan Budi Karya. Selanjutnya direncanakan akan diresmikan Presiden Jokowi pada tanggal 8 Mei 2018. kata Irwan Prayitno
Sebelum dioperasikan KRDE Minangkabau soft launching dulu baru pak Presiden meresmikan namun waktunya masih tentatif,” katanya
Transportasi terintegrasi ini. kendati dari awal, ada masalah pembebasan lahan untuk pembangunan rel dari wilayah Duku menuju BIM sepanjang 3,9 kilometer cukup lama tuntas. Dimulai tahun 2014, tuntas tahun 2016
Gubernur berharap dengan dioperasikannya Kereta API jalur Padang – Duku – BIM selain mengurai kemacetan lalu lintas juga akan mengefesienkan biaya bagi masyarakat yang akan pergi ke luar sumbar melalui Bandara Internasional Minangkabau.
Kepala divisi regional II Sumbar Kepala PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional (KAI Divre), Yuherman menjelaskan, nantinya layanan kereta api menuju BIM tak saja diperuntukkan bagi penumpang KA Minangkabau Ekspres dari Padang. Penumpang kereta api dari Pariaman dan Kayu Tanam, bisa juga diarahkan masuk ke BIM, transit ke stasiun Duku.
Khusus untuk KA Minangkabau Ekspres, jadwalnya beroperasi 5 kali perjalanan bolak-balik dari Stasiun Simpang Haru Padang menuju BIM. Tarif yang dikenakan pada penumpang hanya Rp10.000. Jarak tempuhnya mencapai 22 kilometer, dengan waktu tempuh KA diperkirakan 30 menit.
“Untuk jadwal KA Minangkabau Ekspres, pasti kita sesuaikan dengan jadwal kedatangan ataupun keberangkatan pesawat,” ungkap Yuherman.
Selain itu, tambah Yuherman, agar layanan interkoneksi modal transportasi ini benar-benar dirasakan masyarakat, ke depan PT KAI juga akan membuka loket check in penerbangan di stasiun kereta api yang dilalui KA Minangkabau Ekspres.
“Kalau penumpang pesawat sudah check in di stasiun, mereka tak perlu lagi mengantri atau terburu-buru,” katanya.
Kereta Api Minangkabau Ekspres dengan dominasi warna hijau, terdiri dari 4 rangkaian kereta. Daya tampungnya, mencapai 393 orang. Rute yang dilewati, mulai dari Stasiun Simpang Haru Padang, Stasiun Tabing, Stasiun Duku, dan Stasiun BIM.(son)