Breaking News

Nasrul Abit,Dengan pembanguan KEK Di Mentawai Diharapkan Akan Mendukung Ekonomi Masyarakat Setempat


Betrans,Sumbar,Pemerintah telah menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pertimbangannya, Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki potensi pariwisata berupa laut dan pantai yang sangat besar. Pemerintah berkomitmen menjadikan Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi Kawasan Ekonomi Khusus dan akan dipusatkan di Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai.
Untuk itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit berserta rombongan dan Tim V Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kedatangan Tim V BPK RI yang dipimpin Isma Yatun tersebut untuk melakukan supervisi perencanaan dan meninjai ke kawasan KEK Kepulauan Mentawai. Wagub Sumbar beserta rombongan disambut oleh Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet SE MM.
Wagub Sumbar Nasrul Abit mengatakan, latar belakang penetapan KEK Mentawai adalah terdapatnya potensi wisata yang sangat besar di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Salah satu dari sekian banyak daya tarik Mentawai adalah adanya spot surfing yang disukai oleh wisatawan mancanegara.
“Kunjungan wisatawan ke Mentawai saat ini sekitar 9.000 orang/tahun dan diprediksi akan meningkat menjadi 300.000 org/tahun. Itu apabila kasawan KEK telah terwujud. Untuk mendukung percepatan terwujudnya KEK perlu dipersiapkan berbagai infrastruktur,” kata Nasrul.
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai telah menyediakan lahan sebesar 2.600 hektare di Taileleu, Pulau Siberut yang siap dikembangkan untuk pembangunan sarana prasarana. Seperti pembangunan hotel, mall, bandara, sarana olahraga, pelabuhan dan bandar udara internasional, sekolah, rumah sakit, termasuk kawasan industri.
Insfrastruktur perhubungan berupa lapangan terbang juga perlu diperbaiki. Saat ini landasan pacu bandara Rokot di pulau Sipora sepanjang 800 meter akan di perpanjang menjadi 1.800 meter sehingga dapat didarati pesawat jenis ATR.
“Dengan pembanguan KEK di Mentawai pada akhirnya diharapkan akan mendukung ekonomi masyarakat setempat menuju masyarakat yang makmur dan sejahtera,” ujar Wagub.
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi