Breaking News

Irwan Prayitno, rakerda Gebu Minang dilaksanakan diharapkan menghasilkan sejumlah program kerja di bidang ekonomi, budaya dan pendidikan.


Betrans,Padang – Organnisasi Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda). Sejumlah rencana kegiatan sudah diagendakan untuk dibahas dan menjadi program kerja sebagai upaya memajukan organisasi tersebut. Salah satunya rencana pembentukan Gebu Minang Mart di Sumbar.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, rakerda yang dilaksanakan diharapkan menghasilkan sejumlah program kerja di bidang ekonomi, budaya dan pendidikan. “Melalui program kerja tersebut mampu membangkitkan perekonomian masyarakat melalui orang-orang Minang di seluruh Indonesia baik di ranah maupun di rantau,” kata Irwan.
Dia mengakui kekompakan antar anggota Gebu Minang ikut memajukan organisasi tersebut. Apalagi rencana pembentukan Gebu Minang Mart yang dapat membantu program pemerintah dalam memajukan perekonomian di Sumatera Barat.
“Adanya Gebu Minang Mart dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan. Ini juga dukungan untuk pembangunan ekonomi Sumatera Barat untuk kesejahteraan masyarakat Minang,” tukas Irwan.
Sementara itu, Ketua Umum Gebu Minang Oesman Sapta yang membuka rakerda Gebu Minang di Padang, berharap organisasi tersebut terus maju dan turut serta dalam pembangunan Indonesia. Melalui organisasi Gebu Minang yang tersebar di seluruh Indonesia, masyarakat Minang dapat berperan dalam membangun daerah.
Oesman Sapta mengatakan, masyarakat Minang mempunyai peranan penting dalam sejarah berdirinya NKRI. Masyarakat Minang yang tersebar di seluruh Indonesia mempunyai peran penting dalam mengembangkan perekonomian dan budaya di daerahnya.
Oesman Sapta berpesan agar Gebu Minang menerapkan konsep 5S sehingga lebih maju. Konsep 5S tersebut terdiri atas “strategy, structure, system, skill dan speed&target yaitu adanya arah tujuan dalam menempatkan posisi masyarakat Minang.
Dulu juga ada Gebu Minang. Dulu berhasil dengan cara yang lama. “Tapi sekarang, zaman now, ga bisa lagi seperti yang dulu,” kata Oesman Sapta yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Gebu Minang ini.
Oesman Sapta juga mengapresiasi kinerja pemerintah. Pemerintah telah melakukan pembangunan di daerah-daerah, termasuk di Sumatera Barat.
Menurut dia, pemerintah saat ini membangun Indonesia melalui daerah-daerah.
“Jangan lagi ada dusta di antara kita. Yang benar yang betul-betul dilakukan oleh Presiden Jokowi itu harus kita akui, membangun seluruh infrastruktur di Indonesia. Tidak dipusatkan di Jawa. Itu yang harus kita harapkan,” kata Oesman Sapta.
Selain membuka rakerda dan halal bihalal Gebu Minang, Ketua Umum Gebu Minang Oesman Sapta, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua Gebu Minang Sumatera Barat Boy Lestari Dt. Palindih menandatangani kesepakatan dalam rangka peningkatan ekonomi dan budaya di Sumatera Barat. (*)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi