Breaking News

Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bakal menggelar kegiatan Perkemahan Sadar Pangan Aman II tahun 2018.


Betrans,Padang – Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bakal menggelar kegiatan Perkemahan Sadar Pangan Aman II tahun 2018. Kegiatan perkemahan ini dilaksanakan Kwarda 03 Sumbar dengan Badan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sumbar. Pelaksanaannya direncanakan dari tanggal 31 Juli hingga 1 Agustus 2018 di Bumi Perkemahan SKB Panorama Baru, Kota Bukittinggi.
Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar selaku Ketua Kwarda (Ka. Kwarda) mengatakan, dengan pelaksanaan perkemahan ini generasi muda akan lebih paham dengan jenis-jenis dan bentuk makanan dan obat berbahaya sejak dini. Aktifitas kegiatan perkemahan ini, anggota Pramuka diberi pengetahuan tentang ciri, sifat, jenis dan bentuk dari makanan, obat-obatan dan kosmetik berbahan yang merusak kesehatan.
“Setidaknya, Pramuka akan berada di garis terdepan dalam meminimalisir peredaran bahan makanan dan kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat banyak,” kata Wagub Sumbar selaku Ketua Kwarda 03 Provinsi Sumatera Barat Nasrul Abit.
Guna persiapan kegiatan yang akan dilaksanakan, Kwarda 03 Sumbar menggelar rapat tim kecil bersama BBPOM. Rapat tim tersebut Ka. Kwarda 03 Sumbar Nasrul Abit dan dihadiri oleh Wakil Ketua Kwarda Kak Wahyudi Agus, Kak Martin Suhendri selaku Kepala BBPOM, Kak Anton BBPOM di Padang, Kak Hilda Murni selaku Kabid Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen dan Kak Asrianto selaku Kasi Layanan Informasi Konsumen.
Wagub Sumbar mengatakan, kegiatan perkemahan ini merupakan even kedua sejak tahun dimulai tahun 2017. Perkemahan Sadar Pangan Aman (Persapa) 2018 mengangkat tema “Kampanye Anti Kosmetik dan Jamu Tradisional Bahan Berbahaya”.
“Adapun peserta perkemahan berasal dari 19 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka di wilayah Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar dan ditambah beberapa gugus depan dari Kwarcab Kota Bukittinggi selaku tuan rumah,” ujar Wagub Sumbar.
Sementara itu, Kepala BBPOM di Padang Drs. Martin Suhendri, A.Pt MM mengapresiasi kerja sama yang dalam kegiatan perkemahan yang diinisiasi oleh kwarda 03 Sumbar. Menurutnya, kerja sama tersebut dalam rangka meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan promosi dan sosialisasi keamanan pangan di lingkungan Gerakan Pramuka melalui perkemahan ini.
“Sejauh ini kerjasama kami dengan Pramuka sangat efektif, sehingga kita kembali menggelar dengan lokasi di Kota Bukittinggi,” ujar Martin.
Martin menambahkan, kegiatan Persapa II 2018 direncanakan akan dibuka oleh Kepala Badan POM RI Ir. Penny K. Lukito, MCP. “Insya Allah beliau akan hadir untuk melihat langsung aktifitas anggota Pramuka dalam mengkampanyekan hidup sehat tanpa kosmetik dan jamu dengan bahan berbahaya,” imbuh Martin. (*)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi