Breaking News

Wabup Ingatkan Masyarakat Mengenai Peninggalan Sejarah Kerajaan Dharmasraya


Betrans,Dharmasraya – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya menggelar acara silaturrahim dengan masyarakat sekabupaten tersebut. Acara silaturrahim itu dipusatkan di lokasi wisata Candi Padang Roco, Nagari Siguntur. Dalam acara itu turut dihadiri oleh para tokoh masyarakat, tokoh pemekaran Dharmasraya, tokoh agama, ninik mamak, cadiak pandai, bundo kanduang dan sejumlah tamu undangan lainnya.
Wakil Bupati (Wabup) Dharmasraya H Amrizal Dt Rajo Medan merupakan inisiator terlaksananya acara tersebut. Menurutnya, inisiasi acara silaturrahim antara pemerintah dan masyarakat karena ingin mengajak masyarakat untuk kembali mengingat dan mengenang sejarah Kabupaten Dharmasraya.
“Sebagaimana kita tahu, Kabupaten Dharmasraya hari ini adalah jejak peninggalan Kerajaan Dharmasraya di masa lalu. Dari sejumlah penelitian yang pernah dilakukan, keberadaan Candi Padang Roco ini menjadi salah satu bukti, bahwa dahulunya wilayah ini pernah dijadikan pusat pemerintahan Kerajaan Malayu. Ini adalah sejarah besar daerah kita, aset berharga yang Dharmasraya punya, yang tidak boleh kita abai dan lupa,” ujar Wabup.
Maka dari itu, melalui kegiatan ini, Wabup mengajak masyarakat Dharmasraya untuk mengingat dan mengenang kembali sejarah yang ada tersebut.
“Kepada Disbudparbora, saya harap juga dapat memikirkan apa yang perlu dilakukan untuk pengembangan Candi Padang Roco ini sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Dharmasraya. Minimal, setiap tahun, setiap peringatan HUT Kabupaten Dharmasraya, adakan juga acara disini,” tukas wabup.
Sementara itu, Wali Nagari Siguntur, Aswat, dalam kesempatan yang sama menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati yang sudah menginisiasi acara ini. Menurutnya, acara semacam ini memang sudah lama dinanti-nanti, mengingat tonggak sejarah Dharmasraya berada di Nagari Siguntur.
“Kami berharap, acara hari ini berkelanjutan dan betul-betul membawa dampak bagi pengembangan Candi Padang Roco sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Kabupaten Dharmasraya,” pungkasnya. (hms,son)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi