Betrans,DHARMASRAYA - Setelah resmi membentuk 12 Kampung KB pada tahun 2016 dan 2017 lalu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya kembali mencanangkan 16 Kampung KB pada tahun 2018 ini. Pencanangan 16 Kampung KB ini dillakukan secara serentak di Jorong Sungai Bai Nagari Sitiung, Selasa (16/10), yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.
Selain mencanangkan Kampung KB, dalam kesempatan yang sama bupati juga turut melantik Pokja (Kelompok Kerja) Kampung KB se Kabupaten Dharmasraya. Secara nasional, Dharmasraya adalah daerah pertama yang sudah melakukan pelantikan Pokja Kampung KB ini.
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Saharudin, yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, yang kembali mencanangkan Kampung KB pada tahun ini. Sekaligus menjadi daerah pertama dalam melaksanakan pelantikan Pokja Kampung KB untuk tingkat nasional.
Menurutnya, ini tentu menjadi salah satu bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mempunyai komitmen yang tinggi dalam mendukung program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga).
Sementara itu, bupati dalam kesempatan yang sama menyampaikan, dengan kembali dicanangkannya 16 Kampung KB dan pelantikan Pokja Kampung KB di tahun 2018 ini diharapkan dapat semakin mengoptimalkan upaya untuk mengatasi persoalan kependudukan, khususnya di Kabupaten Dharmasraya.
"Kepada seluruh stakeholder dan mitra kerja terkait agar bersinergi dan berpartisipasi aktif untuk mensukseskan program ini," pungkas bupati menekankan.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Bobby Perdana Riza, Ketua PKK, Ny. DEwi Sutan Riska serta para Kepala OPD dan Camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.(hms)