Falentine Day Bukan Budaya Minangkabau

 
Betrans,Padang,Faletine Day  biasa disebut hari kasih sayang, dunia internasional yang jatuh setiap tahunnya 14 Februari..., akan diperingati oleh sebagian manusia.
Lain lagi di Kora Padang di Sumatera Barat pada Umumnya sangat melarang dirayakan hari Falentine Day sebab tidak sesuai dengan tradisi dan adat istiadat Rang Ranah Minangkabau, Adat Bersandi Syarak, Syarak Bersandi Kitabbullah.
Seluruh Kepala Daerah, baik Kota dan Kabupaten se -Sumbar menerbitkan surat larangan memperingati Hari Farletine Day yang telah ditanda tangani untuk warganya masing-masing, seperti Walikora Padang dan Walikora Payakumbuh.
Dalam surat himbauan atau sangat melarang, di Kota Padang terdapat  lima poin,  Faletine day, bukan tradasi Budaya Minangkabau yang  bertentangan dengan ajaran Islam.
Diminta para orang tua, ninik mamak, bundo kanduang untuk dapat mengawasi putra dan putrinya agar tak terjerumus dengan digelar hari kasih sayang tersebut.
Terakhir diharapkan seluruh pengusaha  perhotelan dan restorant tidak menyediakan tempat bagi yang memperingati hari falentine day di lokasi yang anda miliki. (tf)