Musrenbang Kec. Luki Spirit Mewujudkan Wilayah yang Ramah Lingkungan, Maju, Religius dan Sejahtera".

 
Betrans,Padang,Sesuai dengan kalender perencanaan pembangunan, Pemerintah Kecamatan Lubuk Kilangan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun 2020, Kamis (14/2) di Gedung Serbaguna PT. Semen Padang
Kegiatan yang diikuti seluruh pemangku kepentingan baik lurah, ketua LPM, ketua RW/RT serta semua elemen masyarakat di kecamatan setempat itu dibuka secara resmi Wali Kota Padang diwakili Kepala Dinas P3AP2KB Heryanto Rustam. Juga hadir Ketua DPRD Kota Padang Elli Thrisyanti serta lainnya.
Heryanto menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Musrenbang kecamaatan ini mengacu kepada visi misi dan program unggulan wali kota tahun 2019-2023. Hal ini sesuai amanat Permendagri 86 Tahun 2017 Pasal 46 dan Permendagri 22 Tahun 2018 tentang Penyusunan RKPD. 
"Visi Kota Padang yaitu "Mewujudkan Masyarakat Kota Padang yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata Unggul serta Berdaya Saing". Kemudian ada 7 misi sehingga visi misi Kota Padang 2019-2023 diimplementasikan ke dalam 11 Progul Wali Kota," terangnya.
Heryanto berharap, dalam Musrenbang ini agar diperolehnya masukan dan kesepakatan memgenai kegiatan pembangunan baik untuk wilayah kecamatan maupun untuk kegiatan prioritas yang akan diusulkan ke tingkat kota.
"Sangat dibutuhkan kecerdasan, kearifan, keseriusan dan fokus kita dalam menyusun prioritas tersebut,'' katanya.
Sejalan dengan itu tambahnya, juga yang tidak kalah pentingnya adalah dengan memperhatikan kondisi, potensi dan permasalahan serta kebutuhan masyarakat dalam wilayah kecamatan.
"Oleh karena itu, dalam menyusun perencanaan ini sangat dibutuhkan data yang lengkap, akurat dan 'up to date' (terbaru). Berdasarkan data kita dapat melihat potret kecamatan dari berbagai sisi dan aspek seperti kondisi infrastruktur baik jalan, jembatan, drainase, pasar. Kemudian fasilitas urgen yakni kesehatan, pendidikan dan rumah ibadah. Begitu juga potensi ekonomi dan kondisi sosial masyarakat. Semoga kita bisa melakukan analisis dan menyusun kebutuhan program kegiatan dan pengangggarannya," jelas Heryanto menekankan.
Sementara itu Camat Lubuk Kilangan Yalmasril menyebut tema yang diangkat dalam musrenbang kali ini yaitu ''Dengan Spirit Musrenbang Kecamatan, Kita Sinergikan Perencanaan, Penyediaan Fasilitas dan Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana Berkrlanjutan Melalui Partisipasi Aktif Masyarakat untuk Mewujudkan Wilayah Kecamatan yang Ramah Lingkungan, Maju, Religius dan Sejahtera".
Disebutkannya, dari sekian banyak usulan yang paling diprioritaskan untuk pembangunan di Kecamatan Lubuk Kilangan di 2020 adalah pembangunan jembatan di Baringin kemudian pelebaran jalan dari Simpang Ulu Gadut menuju Baringin. Selanjutnya juga pembangunan atau pembehanan bagi Kantor Kecamatan Lubuk Kilangan dan Kantor Kelurahan Baringin serta Koto Lalang. 
"Selain itu juga upaya pembangunan jalan yang diusulkan oleh masyarakat yang memang dilihat dari skala prioritasnya sesuai ketersediaan anggaran," sebutnya.
Berbicara total anggaran yang dibutuhkan kata dia, yaitu sebanyak Rp 55 milyar lebih.
"Upaya pembangunan ke depan juga akan coba kita arahkan untuk mengantisipasi banjir atau genangan air di beberapa titik di kecamatan ini. Tahun kemarin kita sudah mengusulkan normalisasi sungai Baringin semoga OPD terkait seperti Dinas PUPR dan juga Bappeda Padang dapat menyikapinya."
"Kita berharap hasil Musrenbang kecamatan kali ini hasilnya akan tampak di 2020 mendatang dan hendaknya diprioritaskan untuk berbagai pembangunan di Lubuk Kilangan," tukasnya mengakhiri. (dv)