Wali Kota Padang Lantik Amasrul Sebagai Sekda Defenitif


  Beritatransisi.com(Padang). 


Dalam penyelenggaraan pemerintahan, peran Kepala Daerah tidak dapat dilepaskan dari peran Sekretaris Daerah (Sekda). Sekda membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan dan membina hubungan kerja yang baik dengan dinas, lembaga dan unit pelaksana lainnya. 
Hal tersebut dikatakan oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Padang yang akhirnya dijabat secara defenitif oleh Amasrul, SH di Ruang Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang Aie Pacah, Senin (25/3/2019).
“Pelantikan ini sesuai surat persetujuan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 821/2472/SJ tanggal 18 Maret 2019 perihal Persetujuan Pengangkatan dan Pelantikan Sekretaris Daerah Kota Padang, setelah sebelumnya dilakukan seleksi terbuka dan mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan surat Nomor: B-682/KASN/2/2019 tanggal 27 Februari 2019 perihal Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Padang”, jelas Mahyeldi.
Ditambahkan Wako, Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama juga berfungsi memimpin dan memotivasi setiap ASN melalui kepeloporan dalam bidang profesionalisme, pengembangan kerjasama dengan instansi lain, keteladanan dalam mengamalkan nilai dasar ASN dalam melaksanakan kode etik ASN yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.
“Hal ini juga sejalan dengan penerapan budaya kerja ASN Pemko Padang yaitu KEPOIN2, yang meliputi: Kemitraan, Empati, Profesional, Integritas dan Inovasi. Kemitraan adalah bagaimana kita dapat bersatu padu mewujudkan Kota Padang yang lebih baik, karena tidak ada kesuksesan yang dapat diraih tanpa kerjasama. Empati menunjukkan apakah kita dapat menyatu dan ikut merasakan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, serta membantu mencarikan solusinya", tutur Wako.
"Profesional mengarahkan bagaimana ASN Pemko Padang dapat bekerja dengan mengedepankan skill, pengetahuan dan sikap yang baik sehingga dapat berkelas internasional. Integritas menunjukkan sejalannya hati, pikiran, perkataan dan perbuatan, dann yang terakhir inovasi terkait dengan bagaimana menumbuhkan ide-ide baru dalam bekerja. Semoga dengan KEPOIN2 ini kita dapat memberikan yang terbaik untuk Kota Padang”, pungkas Mahyeldi.
Pada kesempatan tersebut Amasrul didampingi oleh sang istri Ny. Eti Amasrul dan turut hadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Padang, asisten dan para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan juga Camat di lingkungan Pemerintah Kota Padang. (th)