MTQ Ke 38 kota Solok Momentum Persiapan MTQ Nasional 2020 Di Sumbar



Betrans.Kota Solok.Solok, - Pemerintah Kota Solok, SumateraBarat menargetkan meraih lima besar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Sumatera Barat yang digelar di kota itu pada 14 hingga 22 Juni 2019.

"Target ini dinilai cukup realistis, sebab pada MTQ ke-37 di Padang Pariaman pada 2017, Kota Solok menempati peringkat kedelapan," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Solok, Heppy Dharmawan di Solok, Sabtu.

Ia menyatakan untuk mencapai target lima besar, sejumlah persiapan matang sudah dilakukan dengan membidik target juara di sejumlah cabang, seperti tilawah (irama), tartil (bacaan cepat) dan tahfidz (hafalan).

“Target utama kami adalah sukses pelaksanaan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan sukses prestasi. Khusus untuk prestasi, kita menargetkan masuk lima besar," sebutnya.

Pada MTQ ke-38 ini, sebanyak 11 masjid, tiga gedung, dua sekolah dan satu lapangan sepak bola akan menjadi tempat pelaksanaan seluruh cabang. Tiga gedung tersebut adalah Gedung Kubung Tigo Baleh, Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Sport Hall Tanjung Paku.

Sementara dua sekolah yang jadi venue, adalah MAN dan MTsN Kota Solok. Sedangkan Lapangan Merdeka Solok akan menjadi lokasi pembukaan dan penutupan, serta cabang paling bergengsi, Tilawah dewasa dan Qiraat Al Quran.

Sebanyak 1.066 kafilah dari 19 kabupaten dan kota se-Sumbar sudah mendaftarkan diri di sekretariat panitia. Sebagai tuan rumah, Kota Solok menurunkan 106 kafilah untuk mengikuti berbagai lomba.

Sementara itu Wali Kota Solok, Zul Elfianmengatakan MTQ Nasional tingkat Sumbar ini menurut rencana akan dibuka langsung Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin.

“MTQ ke-38 di Kota Solok ini merupakan momentum persiapan untuk MTQ Nasional 2020 di Sumbar. Alhamdulillah semua tahapan berjalan lancar. Mimbar tillawah telah selesai, penginapan kafilah sudah siap untuk menerima tamu," sebutnya.

Seluruh panitia sudah melaksanakan berbagai tahapan demi tahapan dalam mempersiapkan MTQ kali ini.

Ia berterimakasih kepada Pemprov Sumbar yang selalu hadir dan memberikan dukungan kepada setiap kegiatan syiar agama di Kota Solok.

MTQ Nasional tingkat Sumbar ini akan dibuka pada 15 Juni 2019 pukul 19.30 WIB di Lapangan Merdeka.

Pada saat pembukaan kafilah akan dihibur dengan tari kolosal, pertunjukan laser, video mapping, penyanyi religi Opick dan grup Nasyid Raihan dari Malaysia.

Ustadz Derry Sulaiman juga akan memberikan siraman rohani. Sedangkan untuk memenuhi cinderamata dan oleh-oleh dari Kota Solok, pemerintah setempat akan menggelar bazar dan pameran produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) di beberapa lokasi utama lomba. (*)