Wako Mahyeldi Puji Inovasi Posbindu Perkantoran Puskesmas Rawang

Betrans.Padang.Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Perkantoran merupakan inovasi dari Puskesmas Rawang, Kecamatan Padang Selatan. Kali ini, Posbindu tersebut tidak saja melayani orang kantoran tapi menjelma jadi Posbindu Rumah Ibadah karena melayani jamaah Masjid Al-Hijrah Rawang, Jumat (21/06/2019).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Padang Mahyeldi mengapresiasi inovasi yang dilakukan pihak Puskesmas Rawang itu. "Ini inovasi bagus. Masyarakat bisa memeriksakan kesehatan tanpa berpikir biaya," kata Wako yang ikut memeriksakan kesehatannya sebelum shalat Jumat dimulai.

Menurut Mahyeldi,  jika setiap puskesmas memiliki inovasi pelayanan yang bisa menjangkau masyarakat seperti ini tentu sangat membantu. "Pelayanan seperti ini sangat membantu karena langsung kemasyarakat. Kalau bisa semua Puskesmas bisa berinovasi untuk pelayanan yang lebih baik," tutupnya.

Lurah Rawang Andi Amir yang jadi tuan rumah karena bertepatan dengan kegiatan Jumat Keliling Walikota Padang di Masjid Al-Hijrah itu menyebutkan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Puskesmas. Banyak kegiatan-kegiatan Puskesmas yang disejalankan dengan program kelurahan sehingga muncul terobosan-terobosan baru dalam pelaksanaan program

"Inovasi Posbindu Perkantoran ini merupakan inovasi puskesmas yang ternyata bisa disejalankan dengan kegiatan kelurahan. Dan itu sudah sering kami lakukan," ujar Andi Amir.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Rawang dr. Viona Putri mengatakan, adapun pelayanan diberikan berupa pemeriksaan gula darah, tekanan darah dan pemeriksaan penyakit tidak menular lainnya. "Ini kita lakukan  karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya,” tukasnya. (tf/aa)