Wismar Pandjaitan mengharapkan Pemko Padang melakukan koordinasi dengan Pemprov Sumbar

Betrans,Padang.Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Wismar Pandjaitan mengharapkan Pemko Padang melakukan koordinasi dengan Pemprov Sumbar mengenai pembangunan batu grib untuk menyelamatkan korban abrasi di kawasan Pantai Air Manis. Sebab kawasan itu kewenangannya ada di Pemprov Sumbar.
”Wali Kota diminta komunikasi dengan Dinas PUPR Sumbar soal masalah ini. Kasihan warga kita,” ujar Wismar, Rabu (19/6). Menurutnya, pemasangan batu grib memang harus direalisasikan di kawasan itu, supaya rumah masyarakat tak habis jika dilanda abrasi pantai serta kerugian besar dan berlarut-larut tidak terjadi lagi.
Selanjutnya, kerjasama Pemprov Sumbar dalam menuntaskan hal ini juga diharapkan, agar keselamatan masyarakat sekitar terjamin dan rumah yang ditempatinya aman dan nyaman dari ancaman air.
Sekretaris Komisi III DPRD Kota Padang, Mailinda Rose meminta kepada Pemko Padang menyelesaikan persoalan tersebut secara bertahap. Jika kewenangannya ada di Provinsi maka surati
Gubernur, sehingga SOPD berwenang dapat melakukan pemasangan batu grib serta masalah ini tak berlarut-larut dialami warga. ”Wali kota harus mengusulkan permohonan bantuan ke Pemprov Sumbar,” ujar kader NasDem ini.
Apabila kewenangannya di Padang, menurut dia, DPRD siap mengajukan pembangunan batu grib di Perubahan APBD yang rencananya dibahas awal Juli 2019 ini. Tujuannya, agar pembangunan dapat dilakukan nanti serta keresahan warga soal ancaman abrasi pantai tak ditemui lagi.
Lalu, kepada instansi terkait diminta segera melakukan pembangunan batu gribjika anggaran sudah ada. ”Ini demi mewujudkan keselamatan masyarakat serta menghindari kerugian besar,” sebut Rose sapaan akrab wakil rakyat ini.
Seperti yang diketahui, saat ini, sejumlah rumah di Kelurahan Aiamanih, Kecamatan Padang Selatan, terancam abrasi pantai. Setiap hari, dari pengakuan warga, mereka dihantui perasaan was-was, sebab setiap pagi dan malam ombak besar selalu terjadi.