UMMY Solok Melakukan Visitasi Kerumah Calon Mahasiswa Baru Penerima Bidik Misi

Betrans.Solok.Pada Senin 19 Agustus 2019 Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok  mengirimkan panitia seleksi untuk melakukan visitasi terhadap calon mahasiswa UMMY Solok penerima Biaya Pendidikan Mahasiswa Berprestasi (Bidik misi). Tim disebar di seluruh Kabupaten/Kota Solok Antara lain Paningahan, Paninjauan, Tanjung Bingkuang, Kubung Lubuk Sikarah dan lain-lain.

Tim visitasi  berangkat dari kampus 1 Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok. Untuk dapat mencapai target visitasi ini terjangkau seluruhnya tim dibagi menjadi dua bagian untuk tim satu. Aframiryano, S.Pd., MPd., Rini Wirasty
 B., S.S., M.Pd., dan Afni Yeni, SE., MM. sedangkan tim dua Adriyanti SH., MH.,  Fajri Basyirun, S.Pd., M.Pd. E., dan Rica Mega Sari, S.Pt., MP .Tim  juga diberikan berbagai petunjuk oleh Rektor dan Wakil Rektor untuk memastikan bahwa data yang diberikan oleh calon mahasiswa benar sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Tim memastikan bahwa data yang diberikan sesuai dengan kondisi sebenarnya dari mahasiswa. Mulai dari nama orang tua, penghasilan orang tua, pekerjaan orang tua, alamat rumah, kondisi rumah dengan meyertakan foto, kepemilikan kendaraaan bermotor dan berbagai data lain. Kepastian data tersebut penting untuk memastikan bahwa calon mahasiswa benar layak untuk menerima Bidik Misi.

Dari hasil kunjungan salah satu tim di Kabupaten Solok nagari Paninjauan.dan panyingahan didapatkan bahwa sebanyak lima calon mahasiswa memberikan data yang sesuai kepada Pansel UMMY Solok. Ada beberapa hal klarifikasi yang diberikan salah satu calon mahasiswa bahwa pada saat mengumpulkan data Orang tuanya laki-lakinya masih ada  akan tetapi pada saat visitasi yang bersangkutan telah berpisah dan dia hanya tinggal bersama orang tua perempuanya saja hal ini tentu membuat miris tim visitasi yang berkunjung ke rumah calon mahasiswa penerima Bidik Misi tersebut.

Data yang didapatkan oleh tim juga bervariasi. Ada yang pekerjaan orang tua sebagai penjaga sekolah yang mendekati purna tugas, ada yang bekerja sebagai buruh tani, Sopir, pekerja bengkel, aparat dusun, dan tukang bangunan.[yendri]