Arung Pamalayu, Meriahkan Peringatan Hari Maritim Nasional



Betrans.com Dharmasraya, --- Festival Pamalayu benar brnsr menggugah semangat rakyat. Salah satu agenda yang ditunggu tunggu adalah karnaval perahu yang dinamakan Arung Pamalayu. Kegiatan ini sekaligus menjadi puncak peringatan hari Maritim Nasional yang sudah 52 tahun tidak diperingati sejak ditetapkan oleh Presiden RI pertama Soekarno.

Dalam kesempatan Festival Pamalayu, rakyat Kabupaten Dharmasraya akan memperingati hari Maritim Nasional pada Senin 23 September 2019. Peringatan hari Maritim Nasional itu akan dimeriahkan dengan Arung Pamalayu yang diikuti oleh perahu hias. Perahu hias ini akan dinaiki oleh aparatur sipil negara dari perangkat daerah dan para guru sekolah. Puluhan perahu hias bakal memeriahkan Arung Pamalayu.

Arung Pamalayu akan dimulai dari Jembatan Sungai Dareh. Menurut rencana, Wabup Dharmasraya H. Amrizal Dt. Rajo Medan akan melepas iring irngan perahu hias yang dinaiki oleh para aparatur sipil negara ini pada pukul 08.00 WIB. Pengamanan dilakukan secara penuh oleh Polres Dharmasraya, Satpol PP, BPBD dan juga Dinas Perhubungan. TNI juga bakal ikut mengamankan jalannya Aring Pamalayu.

Sere ini sejumlah perahu sudah mulai dihias. Berbagai ornamen menghiasi dinding perahu dan juga merawa dan bendera Sang Merah Putih. Kesibukan warga menghias perahu ini menunjukkan betapa semangat waga begitu besar dalam rangka mempeirngati hari Maritim Nasional.(ul)