Buya Mahyeldi Paparkan Ekonomi Syariah pada Mahasiswa IAIN Batusangkar



Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa IAIN Batusangkar, Jumat (20/09/2019).
Mahyeldi memaparkan, ekonomi syariah merupakan solusi untuk terbebas dari jeratan riba supaya kehidupanu lebih berkah. “Sudah saatnya pengelolaan lembaga keuangan konvesional beralih ke syariah,” kata Walikota Padang yang menjabat periode kedua itu.

Dijelaskan, ekonomi syariah di Kota Padang sudah mulai dibumikan. Dimulai dari koperasi jasa keuangan syariah di setiap kelurahan, hingga mendorong perubahan Bank Nagari menjadi syariah.
Untuk Sumatera Barat, katanya, diharapkan gerakan ekonomi syariah lebih dimasivkan. Hal itu bisa diawali dari kampus IAIN Batusangkar yang memilik Fakultas Ekonomi Bisnis Islam dan kampus perguruan tinggi islam lainnya.
“Belajar dari Padang, ekonomi syariah agar terus dibumikan di Provinsi Sumatera Barat. Dimulai dari koperasi jasa keuangan berbasis syariah dan konversi bank konvensional jadi bank syariah,” papar Mahyeldi yang juga Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Padang tersebut.

Selama satu setengah jam pemaparan, Mahyeldi berhasil memancing antusias mahasiswa untuk menyimak. Bahkan pada sesi dialog, tak ayal Mahyeldi mendapatkan banyak pertanyaan.
Penjelasan-penjelasan gamblang dari Mahyeldi yang menyebut dirinya “garin surau jadi walikota” itu mendapat aplaus gegap gempita. (dy