Breaking News

Sekretaris DPMPTSP Terima Kunker Pansus I DPRD Padang

Betrans.JAKARTA - Sekretaris DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Irwan Kurniawan Chaniago menerima kunjungan kerja Pansus I DPRD Kota Padang Pembahasan tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata di ruangan auditorium Gedung Pelayanan Mall Publik lantai 5 di jalan Epicentrum Kuningan Nomor 22 Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Pada kesempatan ini Sekretaris DPMPTSP yang merupakan urang awak itu menyambut dengan hangat rombongan Pansus yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani.

Dalam sambutannya Irwan Kurniawan Chaniago memaparkan sumber daya yang ada dikantornya sudah punya teknologi geo 3D AR yang memuat peta spesial DKI.

Dijelaskannya tentang Geo 3 Augmented Reality yang menjadi salah satu aplikasi yang menonjol di Jakarta investment Center (JIC). Jakarta Investment Center sendiri merupakan upaya pengembangan potensi ekonomi daerah dan investasi dengan memberikan kemudahan kepada para investor. Para investor dapat meng-invest melalui sistem satu pintu di JIC itu.

Melalui kata Irwan, Geo 3, investor/calon investor dapat melihat daerah mana di Jakarta ini yang memiliki potensi untuk dijadikan lahan investasi, selain itu bisa juga untuk mengurusi masalah perizinan dan sebagainya.

Untuk fase pertama pengembangan Augmented Reality (AR) dilakukan di lokasi Kembangan dan Mega Kuningan. Fitur ini dapat membuat aplikasi menjadi lebih real karena dapat menampilkan  bangunan-bangunan 3D dan dapat memberikan informasi tentang RDTR (Rancangan Detail Tata Ruang). Untuk kedepannya akan terus dikembangkan hingga mencakup seluruh kawasan DKI Jakarta.

Webapp ini dikembangkan dengan tujuan mempermudah pelayanan perizinan masyarakat yang memerlukan kejelasan lokasi dalam perizinannya, dalam hal ini meliputi zonasi/peruntukan, intensitas, dan informasi visual existing (hi-res aerial imagery, 360 VR dsb) sehingga pemilik/calon pemilik lahan bisa optimal memanfaatkan hak nya dengan tetap taat pada peraturan yang berlaku, urainya.

Untuk kemudian mendapatkan izin yang dibutuhkan secara online dengan lebih cepat mudah dan valid, disertai visual consultant untuk masyarakat berkonsultasi (humanize the system).Aplikasi ini juga sekaligus berusaha mewujudkan keterbukaan informasi dan awareness kepada masyarakat yang concern akan data dan informasi ketataruangan, pembangunan gedung, serta data dan informasi lain yang dimiliki oleh Instansi di Provinsi DKI Jakarta, jelasnya lebih lanjut.

Geo 3D AR ini bisa dilihat diantaranya zona perizinan (RDTR ), peta areal dan mapping 3D untuk proyeksi pembangunan. Sementara itu Ketua DPRD Kota Padang menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan Pansus I DPRD Kota Padang.

Data, teknologi, dan informasi yang ada di web ini sedang dan akan terus disempurnakan dan diupdate, namun secara sistem sudah terbentuk alur yang seragam sehingga kedepannya informasi akan lebih terintegrasi, terupdate, lebih akurat dan lebih teliti, serta lebih lengkap seiring dengan bertambahnya instansi-instansi yang ikut berkontribusi melengkapi data di One Map Policy tupoksi dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta, salah satunya dengan aplikasi Geo3D Augmented Reality ini.

Pemakaian data dan informasi dari aplikasi ini sebagai dokumen perizinan dan dokumen resmi lainnya, fitur verifikasi lokasi terupdate/on demand di aplikasi ini diharapkan dapat membantu proses tersebut dan sudah bisa diujicoba di beberapa kecamatan. Sebagai terobosan baru di bidang pelayanan perizinan diharapkan masyarakat ikut berperan aktif untuk ikut mengkoreksi, melengkapi dan menyempurnakan sistem ini.

Ia berharap kepada DPMPTSP DKI bisa berbagi ilmu untuk pengayaan dalam rangka pembahasan oleh pansus nantinya. Sementara itu Ketua Pansus I Azwar Siry memperkenalkan seluruh rombongan pansus dan mengharapkan masukan secara spesifik.

Bersama kabid Penanaman Modal DPMPTSP DKI, Budiya, menyampaikan secara khusus tentang Penanaman Modal.

Ikut mendampingi kunjungan kerja Pansus 1 DPRD Kota Padang, Kepala DPMPTSP Kota Padang Corrie Saydan, Kepala Bagian Hukum Setdako Padang, Kadis Pariwisata dan Kepala Bagian Kesra Setdako Padang.
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi