Breaking News

Fakhrizal" Nomor Urut Tiga Sesuai Simbol Saya Sebagai Jendral Ninik Mamak

 


Betrans.PADANG – Pasangan Calon Gubernur Sumbar Irjen Pol Drs H Fakhrizal MH dan Cawagub Dr Genius Umar, Ssos, Msi memperoleh nomor urut 3 pada rapat pleno KPUD Sumbar penetapan nomor urut cagub dan cawagub Sumbar periode 2020 – 2025 di Hotel Inna Muara Padang, Kamis (24/9).


“Alhamdulillah, ini sesuai dengan simbol saya sebagai Jenderal Niniak Mamak yakni Tungku Tigo (3) Sajarangan, Tali Tigo (3) Tigo Sapilin yang menggambarkan hubungan cerdik pandai, niniak mamak dan ulama,” kata Fakhrizal kepada wartawan, Rabu (24/9).

Menurut Fakhrizal, nomor 3 yang dia peroleh pada Pilgub Sumbar bersama pasangannya Dr Genius Umar merupakan sinyal bahwa dirinya diterima oleh alam Minangkabau sebagai pemimpin di daerah Sumbar.
Dijelaskan Fakhrizal, gelar sebagai Jenderal Niniak Mamak tersebut diperolehnya ketika menjabat Kapolda Sumbar.

Hal itu berangkat dari kebiasaannya dalam bertugas dan mengambil kebijakan yang selalu berkomunikasi dan dialog dengan tigo tungku sajarangan. Hasilnya, Sumbar kondusif. Pilkada dan Pilpres berlangsung sukses.

“Saat saya baru bertugas, tokoh yang pertama saya ajak bicara adalah tigo tungku sajarangan karena di kampung kita ranah Minang ini, peran mereka sangat besar terutama dalam mengayomi anak kemenakan sehingga senantiasa berlaku sesuai adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah,” ungkap Fakhrizal.

Setiap hari, kata Fakhrizal, pintu ruangannya di Mapolda Sumbar ketika itu terbuka bagi berbagai elemen masyarakat termasuk tigo tungku sajarangan. Begitu juga di rumah. Sehingga dirinya cepat merespons dinamika yang terjadi di masyarakat.

“Alim ulama, cadiak pandai dan niniak mamak serta kalangan adik-adik pemuda sering datang dan diskusi bagaimana mengatasi persoalan yang terjadi di masyarakat dan nagari. Saya juga apresiasi dan dukung semua kegiatan positif yang mereka gelar,” tukasnya.

“Artinya saya meminta masukan terlebih dahulu dari ketiga unsur tersebut sebelum melaksanakan tugas,” ujar Fakhrizal.

Dalam kenyataannya, kata Fakhrizal, dia memang banyak melaksanakan tugas kepolian sekaligus menjadi seorang niniak mamak.

“Banyak kasus kasus yang terkait dengan fungsi seorang niniak mamak yang berhasil saya laksanakan, namun sejalan juga dengan tugas komando saya sebagai Kapolda,” tambahnya.

Berkaitan dengan telah ditetapkannya nomor urut calon ini, Fakhrizal meminta kepada seluruh tim pemenangan, relawan dan simpatisan segera menyosialiasikan nomor urut 3 tersebut ke masyarakat banyak.

Sekaligus juga Fakhrizal meminta segenap tim melakukan persiapan dan pematangan strategi pemenangan.

Menurut Fakhrizal, sampai saat ini tim pemenanganya telah terbentuk ke seluruh kabupaten dan kota, dan akan dilanjutkan dengan pembentikan tim sampai ke tingkat paling bawah.

“Insya Allah menjelang masa pelaksanaan kampanye kami sudah merampungkan pembentukan tim pemenangan tersebut,” ujar Fakhrizal.

Pasangan calon gubernur dan cawagub ini sampai saat ini diusung tiga partai besar yakni Golkar, Nasdem dan PKB. Sementara partai pendukung Berkarya, PBB, Perindo, Hanura dan PKPI.

Pasangan ini juga didukung oleh 27 grup relawan yang tersebar di seluruh Sumbar. Relawan ini merupakan embrio dari pencalonan pasangan ini lewat jalur independen.

“Semoga apa yang dilakukan itu jadi amal ibadah dan berlanjut hingga di TPS pada 9 Desember nanti,” harapnya

Dua Kali Menang

Menurut data, pasangan calon gubernur dengan no urut 3 pada pemilihan gubernur Sumbar sebelumnya sudah pernah memenangkan dua kali pemilihan.

Pertama, pada Pilgub Sumbar 2005 – 2010 pasangan Gamawan Fauzi – Marlis Rahman berhasil menang dengan nomor urut tiga.

Terakhir Irwan Prayitno dan (alm) Muslim Kasim juga memenangkan Pilgub Sumbar pada tahun 2010 – 2015 dengan nomor urut tiga.(sye)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi