Breaking News

Rabu Besok Hendri Septa Dilantik Sebagai Walikota Padang Definitif

 


Betrans.Padang - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dijadwalkan akan melantik Hendri Septa sebagai Wali Kota Padang definitif pada Rabu 7 April 2021 di Istana Gubernur Sumbar.



"Ya, Insya Allah Gubernur Sumbar, Mahyeldi akan melantik Wali Kota Padang hari Rabu besok sesuai informasi yang disampaikan kepada saya siang ini," ujar Sekda Kota Padang, Amasrul di Padang, Senin didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis.


Menurut dia untuk proses pelantikan Pemerintah Kota Padang akan menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelantikan Wali Kota tersebut.


Surat Keputusan (SK) pengangkatan Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa menjadi Wali Kota Padang defenitif telah terbitkan oleh Kemendagri RI pada 28 Maret 2021.


Salinan SK pengangkatan tersebut baru diterima oleh Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat pada 1 April 2021.


Pada saat yang sama juga telah terbitkan SK pemberhentian Mahyeldi sebagai Wali Kota Padang sebelumnya.


Sementara  Kepala Biro Pemerintahan Sekdaprov Sumbar, Iqbal Ramadi Payana  saat dikonfirmasi membenarkan pelantikan Wali Kota Padang definitif pada 7 April 2021.


"Sesuai arahan dari Bapak Gubernur iya," kata dia.


Sejalan dengan itu Wakil Ketua DPRD Padang, Arnedi Yarmen mengatakan setelah Wali Kota Padang definitif dilantik maka di DPRD akan dimulai proses pemilihan Wakil Wali Kota yang ditinggalkan Hendri Septa.


"Untuk prosesnya akan dibentuk pansus membahas mekanisme dan proses pemilihan, tata tertib hingga waktu," kata dia.


Kandidat akan diusulkan oleh partai pengusung pada pilkada Padang 2018 yaitu PKS dan PAN masing-masing satu nama untuk kemudian dipilih melalui pemungutan suara terbanyak di DPRD Padang.


Pasangan Mahyeldi-Hendri Septa diusung oleh PKS dan PAN. Setahun menjabat pada Pilgub Sumbar 2020 Mahyeldi diamanahkan PKS untuk maju sebagai calon gubernur Sumbar berpasangan dengan Audy Joinaldy.


Pada pilgub Sumbar 2020 yang digelar 9 Desember 2020 Mahyeldi-Audy Joinaldy dinyatakan unggul dan ditetapkan oleh KPU sebagai Gubernur Sumbar terpilih.



Selepas itu kursi Wali Kota Padang diisi oleh Hendri Septa sebagai Pelaksana Tugas dan berdasarkan aturan yang ada posisinya naik menjadi Wali Kota definitif.


Sementara untuk kursi wakil wali kota Padang yang kosong ditinggal Hendri akan dilakukan pemilihan di DPRD Padang melalui pemungutan suara terbanyak.(yen.atn)
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi