Breaking News

HM Nurnas Bantu Alsintan untuk Kelompok Tani Batang Anai dan Lubuk Alung



Bertrans.com PADANG PARIAMAN—Respons cepat anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Demokrat, HM Nurnas terhadap aspirasi daerah pemilihannya, perlu diacungkan jempol. Pasalnya, setelah sebelumnya menyalurkan bantuan puluhan becak motor (betor), kini kembali Nurnas menyalurkan bantuan kepada 37 kelompok tani, yang berasal dari dua kecamatan dan 11 Nagari, yakni 8 Kecamatan Batang Anai dan 3 Lubuk Alung, yakni berupa hand tractor atau mesin pembajak sawah, yang penyerahannya dilaksanakan di Dusun Pilubang, Kenagarian Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (25/5).

Selain menyerahkan hand tractor, HM Nurnas juga meyerahkan 115 unit alat semprot rumput untuk kelompok tani dan wanita tani daerah tersebut.

Kalau saat ini yang sudah diberikan berupa mesin bajak dan penyemprot hama, di hari berikutnya akan diserahkan kembali alat perontok gabah, jagung dan pemotong rumput.

“Khusus untuk Nagari Ketaping berdasarkan aspirasi yang masuk kepada Saya, Alhamdulillah semua sudah terpenuhi, tinggal kini menyikapi keluhan masyarakat, yakni masalah irigasi yang tak pernah tuntas dari awal pembangunan sampai saat ini, khususnya di daerah Kampung Baru Teluk Mundam,” ulas Nurnas.

Nurnas juga mengingatkan pada balai sungai provinsi dan kabupaten bahwasanya, irigasi Anai 1 dan 2, dari mulai dibangun sampai kini masih banyak yang rusak, dan adanya pengerukan sendimen, bahkan ada yang putus di antaranya di Kuliek.

“Visi-misi Gubernur Sumbar melalui RPJMD mengatakan akan meningkatkan hasil pertanian, pangan dan nelayan, maka salah satu-nya adalah perbaikan pengairan,” tegasnya.

Ia juga memberi apresiasi pada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, karena sangat cepat merespons usulan masuk dalam realisasi anggaran.

“Kecepatan dalam realisasi anggaran dari dinas tersebut perlu diapresiasi dan perlu dicontoh dinas lainnya, sehingga realisasi tidak menunggu lama,” tegas Nurnas Lagi.

Berkaitan dengan penyerahan bantuan aspirasi masyarakat melalui HM Nurnas, mewakili Dinas Pertanian Provinsi Sumbar, Syaiful Efendi mengatakan bangga dan salut pada anggota DPRD Sumbar ini, karena memang betul-betul mengawal dan menjaga aspirasi atau keinginan masyarakat sampai tuntas.

“Saya salut melihat Pak Nurnas yang tidak mau kendor sedikit juga dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya petani di daerah ini, sehingga dari banyak anggota DPRD Sumbar, hanya Pak Nurnas yang hampir seluruh aspirasinya terealisasi dengan cepat,” ulasnya.

Sementara Walinagari Ketaping Alwis Jaya, mewakili 11 walinagari lainnya mengatakan, dari sejak HM Nurnas menjadi anggota DPRD Sumbar, tidak pernah lalai untuk berjuang di daerah pemilihannya, khususnya di kecamatan Batang Anai, Nagari Ketaping.

“Pak Nurnas ini tokoh kami yang perlu dicontoh dan diharapkan bisa tetap bertahan di DPRD Sumbar, karena dari awal sudah nampak perjuangannya untuk kami masyarakat,” ulas Alwis Jaya, walinagari yang tergolong milenial.

Penyerahan aspirasi masyarakat yang dilakukan di posko atau tepatnya rumah aspirasi Nurnas, berlangsung dengan mempergunakan protokol kesehatan, karena kondisi pandemi masih berada pada level yang membahayakan.

Ia juga berpesan agar semua bantuan alsintan, mesin kapal dan lainnya agar tetap dirawat, sehingga bisa dipergunakan dalam jangka panjang.

(Rel/Cox)

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi