Breaking News

Mahasiswa Prodi Pend. Biologi FKIP,UMMY Solok Dilatih Sebagai Peneliti Melalui Praktikum Lapangan

 


Betrans,Solok - Sebagai seorang mahasiswa, salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah kemampuan dalam melakukan penelitian ataupun riset. Untuk mendorong kompetensi dalam penalaran riset Program Studi Pendidikan Biologi mulai melatih sejak dini para mahasiswa sebagai peneliti, melalui praktikum lapangan mata kuliah.


Helvita Roza S.Pd, M.Pd, Kaprodi pada Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok.menuturkan, melalui rangkaian proses pendidikan pada mata kuliah ekologi dan botani tumbuhan tinggi, mahasiswa dilatih melakukan sebuah riset dengan turun langsung ke lapangan.



Dimana melalui praktikum lapangan, mahasiswa akan melakukan pengamatan secara ekologis kondisi dilokasi praktikum, dan juga melakukan pengamatan keanekaragaman hayati. "Praktikum lapangan merupakan agenda rutin yang selalu dilakukan. Untuk lokasi praktikum kali ini akan melakukan pengamatan dilokasi perbukitan Balittro laing , Kota Solok dan akan diikuti sebanyak 50 orang mahasiswa," ungkap Helvita Roza, saat persiapan keberangkatan praktikum lapangan , Senin (20/06)


Setelah melakukan pengamatan dan observasi lapangan, mahasiswa juga diharuskan untuk sebuah riset terkait pengamat yang dilakukan setiap individu maupun kelompok. Kemudian menyusunnya dalam sebuah laporan dan akan diseminarkan. "Melalui kegiatan observasi hingga pemaparan laporan melalui seminar, kami ingin melatih sejak dini mahasiswa untuk bisa melakukan riset," jelasnya.



Lebih lanjut Darmanella Dian Ekawati,S,Si,.MPd menambahkan, salah satu tujuan kompetensi praktikum lapangan yang ingin diajarkan kepada mahasiswa yakni, mengasah serta mewadahi semangat dalam membuat sebuah laporan riset. Sebagai bentuk pemahaman kompetensi dalam menyusun riset maupun karya ilmiah.


"Nantinya diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan dalam melakukan analisis dan pengamatan di lapangan. Ini penting karena nantinya akan berdampak pada kebutuhan mereka dalam menyusun tugas akhir ataupun skripsi," tambah Eka sapaan akrab dosen cantik prodi pend. Biologi FKIP Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok ini mengahiri. (yen)

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi