Breaking News

Rumah Gadang Desa Tematik Rimbo Tarok Adakan Lomba Pasambahan Adat Bawah Payuang



 Betrans.com Padang- Untuk melestarikan Pasambahan Adat Bawah Payuang Desa Tematik Komunitas Kampung Adat Rimbo Tarok Pauh IX Kelurahan Gunung Sarik adakan Lomba Pasambahan Adat Bawah Payuang pada 20 sampai 22 Januari 2023.


Lomba Pasambahan adat bawah payuang diikuti sebanyak 15 Group dari kecamatan Kuranji ,Nanggalo dan satu group dari Koto Tangah.


Ketua KAN dalam sambutanya mengatakan kegiatan Lomb Pasambahan adat bawah payuang ini diadakan bagaimana sembilan tungku di paruh sembilan suku di pauh IX adat salingka nagari agar jangan sampai tidak melakukan adat artinya sarak jangan tingga dan adat jangan lupa.

 ,

 "Pasambahan bawah payung bukan untuk disepelekan ,artinya  fungsi Ninik mamak jangan tatonggok saja  artinya jangan sampai kita tidak lagi melakukan adat," ungkap Ketua KAN  Suardi Dr Rajo Bujang.


Sementara Kabid kebudayaan syamdani SPD Mpd Malin Sutan  mengatakan  sangat bersyukur diakan kegiatan Lomba pasambahan adat bawah Payung ini untuk menumbuhkan dan membangkitkan kembali minat generasi muda terhadap budaya adat kita yang harus perlu terus dikembangkan ditengah masyarakat,"ungkap Samdani lagi.


Ketua Marzuki menyampaikan kegiatan pasambahan bawah payuang ini diadakan untuk melestarikan buyaya adat minang diadakan selama tiga hari yang pada hari  terakhir  diadakan penutupan dan pemberian hadiah dari dewan juri ," ungkap Marzuki


Ketua LKAAM Kuranji Hendri Yazid Dr Rajo Guci menyampaikan melalui Dana Pokir Zalmadi anggota DPRD Kota Padang sehingga pelestarian adat salingka nagari di Kuranji terangkat kembali 


 ," saya selaku ketua LKAM Kuranji sangat bangga dengan Zalmadi yang peduli salingka adat di Kuranji kalau perlu Zalmadi kita berikan tokoh peduli adat salingka nagari," ungkap Hendri Yazid lagi.


Sementara Zalmadi anggota DPRD Padang menyampaikan meskipun diikuti lima belas group namun penyebarannya keluar Kota Padang bahwasanya group adat di paruh IX masih dilestarikan agar adat kita tidak jadi tamu didaerah sendiri.


Pada kesempatan  itu Zalmadi jugaenyampaikan komunitas Rumah gadang Pauh IX telah terdaftar di dinas kebudayaan yang direkomendasikan Dinas Pariwisata agar Rumah Gadang tetap terjaga sepanjang masa ," ungkap Zalmadi lagi.


Terakhir disampaikan Zalmadi tahun depan akan tetap melaksanakan lomba pasambahan adat ini melalui Pokir dan akan diadakan sosialisasi tentang basurah adat kesekolah sekolah karena ini tanggung jawab bersama.(Son)

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi