Breaking News

Lestarikan Adat Budaya Batagak Gala Zalmadi Anggarkan Pokir

 


Betrans.com Padang- Demi melestarikan adat Minang , Rumah Gadang desa tematik Rimbo Tarok yang dianggarkan melalui Pokir  Zalmadi adakan Pementasan Batagak Gala Minggu 22 Januari 2023.


Pementasan Pemberian Gala ini diberikan oleh Ninik mamak kekemenakan pada pesta baralek yang artinya kemenakan tersebut telah masuk limo suku. yang pemberian Gala tersebut dilakukan dengan pidato adat.


Gala (gelar) yang diberikan pada mempelai laki laki bergantung pada gala mamak dalam suku. Gala yang diberikan saat batagak gala ini akan dipakai dirumah istrinya sebagai rang Sumando.


Zalmadi anggota DPRD Kota Padang dianggarkan Pikir untuk melestarikan adat Minang karena kecintaannya pada adat Minang yang mulai terkikis oleh perkembangan Zaman.


,"Kita anggarkan Pokir untuk pementasan  Batagak Gala ini demi melestarikan Budaya dan adat Minang agar tidak hilang oleh moderenisasi sekarang," ungkap Zalmadi.



Sudirman ketua Panitia Pementasan mengatakan pementasan batagak gala ini dilaksanakan dengan pokir Zalmadi dengan tujuan untuk melestarikan budaya dan adat Minang kabau karena tradisi ini sesuatu yang kas diminangkabau dimana lelaki yang telah dianggap dewasa dan masuk limo suku harus diturunkan gala dari mamaknya.


," Ini sesuai dengan pantun adat yang berbunyi pancaringek tumbuh dipaga diambiak urang ka Ambalu , ketek banamo gadang bagala Baitul adaik diminang kabau ," ujar Sudirman.


Sudirman berharap adat dan budaya warisan minang kabau ini dapat dilestarikan hingga anak kemenakan nantinya dapat melanjutkan apa yang sudah menjadi tradisi kita.(son)

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi