Breaking News

Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Biologi UMMY Solok“Pelatihan Pembuatan E-Modul bagi Guru Menggunakan Canva di SD 08 Kinari



Betrans,Solok.Kamis,  Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok,melaksanakan pengabdian kepada masyarakat  dengan tema “Pelatihan Pembuatan E-Modul bagi Guru Menggunakan Canva di SD 08 Kinari Kabupaten Solok”Kamis (23/11/2023).


Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Darmanella Dian Eka Wati , M.Pd. dengan materi e-modul. ibu cantik dan murah senyum ini menjelaskan terkait karakteristik modul yang baik, prosedur penyusunan e-modul yang terdiri dari: (a) tahap analisis kebutuhan e-modul, (b) tahap desain e-modul, (c) tahap validasi dan penyempurnaan rancangan e-modul.




Materi selanjutnya disampaikan oleh Drs.Irwan Hanafi, M.Si., dengan materi praktik pembuatan cover e-modul menggunakan canva. Beliau mentutorialkan alur pembuatan cover e-modul yaitu: (1) melakukan pencarian dengan kata kunci cover book, (2) tentukan desain template terbaik, (3) galeri canva diisi oleh berbagai macam layout yang telah didesain secara profesional, (4) tentukan desain cover buku terbaik yang Anda inginkan atau pilih berdasarkan genre, seperti percintaan, thriller, buku masak, buku anak dan lainnya, (5) selanjutnya edit sesuai dengan selera, (6) disimpan dan diunduh sesuai dengan keinginan.




  Materi selanjutnya yaitu isi e-modul yang dijelaskan oleh Ratih Komala Dewi, M.Pd.Adapun bagian-bagian yang dijelaskan terkait daftar isi, kompetensi isi, kompetensi dasar, dan peta konsep.


 


Mahasiswa  Program Studi Pendidikan Biologi juga turut memprestasikan produk hasil tugas akhirnya yang menggunakan aplikasi canva.




Setiap guru yang terlibat pengabdian ini mempraktikan pembuatan e-modul secara langsung didampingi oleh Chairul Amri,M.Pd dosen Program Studi Pendidikan Biologi sehingga menghasilkan produk dalam bentuk pdf.






Acara kegiatan pengabdian kepada masyarakat hari ini ditutup dengan sambutan dari ketua Program Studi Pendidikan Biologi dan Kepala SD 08 Kinari.Selain mengadakan pengabdian masyarakat, dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Prodi Biologi dengan SD 08 Kinari.


 


Ketua Program Studi Helvita Roza,SPd,MPd Pendidikan Biologi menyampaikan ucapan terima kasih karena dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini, guru-guru SD terlihat antusias dan semangat. Guru-guru SD 08 Kinari terlihat aktif bertanya kepada dosen-dosen Program Studi Pendidikan biologi yang mendampingi proses pembuatan e-modul.




Kepala Sekolah SD 08 Kinari mengucapkan terima kasih pada Program Studi Pendidikan Biologi sudah berbagi pengetahuan terkait canva pada guru-guru SD 08 Kinari. Semoga pengetahuan yang didapat dapat menjadi bekal bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SD 08 Kinari. (yen).


PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi