Kesejahteraan Anggota Selalu Diutamakan


RAT KOPPAS AIPT TB 2017

Betrans, Padang Panjang ~ "Demi meningkatkan dan memajukan kesejahteraan anggotanya, koperasi harus mampu bekerja secara efesien dan efektif", ungkap Walikota Padang Panjang yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Iriansyah Tanjung, SE, M.Si yang membuka langsung acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pedagang Pasar Abuan Ikatan Penyewa Tetap (KOPPAS AIPT) di gedung M. Syafei, Kamis (1/2).

Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan forum tertinggi dan memiliki kedudukan yang sangat strategis bagi eksetensi sebuah koperasi, artinya dalam RAT ini nantinya akan dibahas tentang pertanggung jawaban pengurus dan pengawas koperasi atas pelaksanaan tugas tahun sebelumnya dan susunan rencana kerja untuk tahun mendatang.

Iriansyah menyebutkan tujuan dari RAT itu sendiri untuk mengevaluasi setiap kinerja yang telah dilakukan selama setahun sebelumnya baik dari pengawas maupun pengurus.
"Itu berarti kenerja pengawas maupun pengurus harus transparan dan jelas arah dan tujuannya", tegas Iriansyah.

Sebagai sebuah badan usaha yang berorientasi demi kepentingan anggotanya pelayanan terhadap anggota harus diutamakan, karena itu akan berdampak pada kesejahteraan anggota itu sendiri.
Sementara itu Kepala KOPPAS AIPT Januardi Dt Rajo Labiah, SE mengatakan tidak terlalu banyak peningkatan ekonomi dibanding tahun sebelumnya, di tahun 2017 lalu kondisi ekonomi dan pasar masih mempengaruhi aktivitas kegiatan ekonomi dan masih banyak anggota yang tidak aktif serta macet dalam memenuhi kewajiban.

"Sebanyak tigaratus duapuluh satu jumlah anggota KOPPAS AIPT yang terdaftar, sekitar 45 orang anggota yang macet dalam memenuhi kewajiban dan tidak aktif lagi", terang Januardi.
Sementara itu kepada anggota yang tidak aktif akan dikeluarkan sedangkan anggota yang macet dalam memenuhi kewajiban akan diberi peringatan sesuai dengan keputusan yang telah ditetapkan dari pengurus.

Januardi berharap semoga di tahun 2018 lebih banyak lagi peningkatan dan ada pengaruh positif untuk KOPPAS nantinya, Januardi menyudahi.

Acara tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, Kepala Bidang Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Erniawati, SH. Dan ditutup dengan pemberian hadiah kepada anggota yang mempunyai simpanan terbanyak dan door price. (ki/rel)