Breaking News

Guru Harus Mampu Manfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi


Betrans,Dharmasraya – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional di lapangan Sport Center, Koto Padang. Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bertindak sebagai inspektur upacara yang membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.
“Tantangan pendidikan di abad XXI semakin berat. Maka, sesuai tema yang diangkat dalam peringatan Hari Guru Nasional tahun 2018 ini, yakni “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI”, meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman,” papar Bupati Sutan Riska membacakan amanat tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi.
Revolusi industri keempat yang sudah merambah ke semua sektor, sambung Bupati, harus disikapi dengan arif karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental. Untuk itu, diperlukan guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat tersebut. Guna meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi global.
Akan tetapi, lanjut bupati lagi, walaupun teknologi informasi berkembang demikian cepat dan sumber-sumber belajar begitu mudah diperoleh. Peran guru sebagai pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut.
“Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik,” ujar Bupati.
Oleh sebab itu, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian. Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak, serta sebagai inspirator bagi anak didiknya.
“Saat ini, kurang bijak rasanya jika kita hanya menyalahkan dahsyatnya perkembangan teknologi informasi. Kita harus mampu mengarahkannya menjadi potensi positif alih-alih terkena dampak negatifnya. Terlebih pada tahun 2019 yang akan datang, penetrasi revolusi industri keempat akan masuk semakin dalam ke berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan,” tukas bupati. (*)hms
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi