Breaking News

Wali Nagari Non Petahana Dibekali Bimtek Perencanaan dan Pengelolaan Pembangunan di Nagari


Betrans,Padang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi Wali Nagari dan Kepala Desa. Bimtek ini merupakan pembekalan bagi Wali Nagari dan Kepala Desa yang baru dan bukan petahana. Karena para Wali Nagari masih belum mengetahui merencanakan dan menggunakan dana desa yang jumlahnya setiap tahun semakin tinggi.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengharapkan melalui bimtek ini para Wali Nagari dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan amanat undang-undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa beserta segenap peraturan pendukungnya. Dengan demikian pengetahuan dan keterampilan walinagari/kepala desa yang baru dilantik dapat berkembang dan meningkat dalam memahami tugas dan fungsinya masing-masing.
“Wali Nagari ini nantinya paham dengan perencanaan, pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat serta laporan pertanggung jawabannya yang transparan dan akuntabel,” ujar Gubernur Irwan.
Dengan memahami berbagai hal dalam tugas dan fungsinya itu, kata Irwan, para Wali Nagari yang masa jabatannya juga terbatas diharapkan dapat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Sebab, para mantan Wali Nagari telah memahami kegiatan legislasi yang dirumuskan bersama Bamus Nagari, LPM Nagari, KAN, Bundo Kanduang dan lainnya.
“Wali Nagari merupakan ujung tombak pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” kata Irwan.
Gubernur juga mengingatkan agar Wali Nagari melakukan perencanaan pembangunan dengan baik sehingga sesuai dengan harga yang jelas. Perencanaan pembangunan jangan ada yang fiktif, tingkatkan pelayanan publik dan jangan melakukan kesalahan. Karena pengawasan semakin ketat yang tidak hanya dari aparat penegak hukum tetapi juga dari masyarakat.
“Jangan sampai berurusan dengan aparat penegak hukum gara-gara melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan Nagari,” tukas Irwan. (*)hms
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi