Irwan Prayitno Tegaskan Paham Komunis Tidak Akan Berkembang Di Nusantara


Betrans. Com Sumbar -  Tritura yang diperingati setiap tanggal 10 Januari merupakan peristiwa dan aksi dan perjuangan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) dan Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI) kepada pemerintah pada tahun 1965 yang mengusung Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura). Tiga tuntutan tersebut adalah pembubaran PKI beserta ormas – ormasnya, perombakan kembali kabinet Dwikora dan menurunkan harga sembako yang pada saat itu  Indonesia mengalami kesulitan, baik dari segi ekonomi maupun politik.

"Semangat Tritura merupakan sebuah gerakan pemuda menyadarkan bangsa untuk menjaga ideologi Pancasila dan UUD 1945 dalam konteks yang benar dan pemuda harus menjadi pelopor dalam menegakkan dan mempertahankan nilai-nilai sejati kebangsaan," ungkap Irwan Prayitno sebagai Keynot Speaker dalam acara Bedah Buku Pelaku dan Saksi Sejarah Angkatan 66 Sumbar  bertutur tentang Tritura dalam rangka Peringatan Tritura dan Angkatan 66 ke-53 tahun 2019 di Auditorium Gubernur Sumbar,  Kamis, 10 Januari 2019.

Tritura merupakan tanggungjawab pemuda terhadap bangsa dan negara yang harus dipertahankan dan menjadi penyemangat bagi pemuda. Pemuda adalah harapan bangsa, yang bisa merubah kearah yang lebih baik. "Semangat Tritura ini menjadi pemahaman bagi mahasiswa sebagai harapan suatu bangsa untuk merubah ke arah lebih baik, sehingga diharapkan mereka dapat menjadi jembatan antara rakyat dengan pemerintah," ungkap Irwan Prayitno.