MUSRENBANG KEC. KURANJI Berkomitmen Implementasikan ABS-SBK dan Prioritaskan Peningkatan Sarana Prasarana

 
Betrans,Padang.Kecamatan Kuranji menggelar  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020 Tingkat Kecamatan se-Kota Padang di Aula Kantor Camat Kuranji, Selasa (12/2/2019).
Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Padang Hermansyah mewakili Wali Kota Padang.
Turut hadir Angggota DPRD Provinsi Sumatra Barat Rahayu Purwanti, Rahmat Saleh dan Yuliarman; unsur Bappeda dan Dinas PUPR Kota Padang; Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Kuranji; para Lurah di lingkungan Kecamatan Kuranji dan para tokoh masyarakat Kuranji. 
Kabag Pembangunan Hermansyah mengatakan, Musrenbang 2020 diarahkan pada implementasi visi misi dan program unggulan Wali Kota Padang 2019 - 2023 yaitu, "Mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata yang unggul serta berdaya saing".  
Sementara itu, Camat Kuranji Rachmadeny Dewi Putri menuturkan, Kecamatan Kuranji selalu mengedepankan musyawarah dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Dimulai dari rembuk warga di tingkat RT dan RW, dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) di tingkat kelurahan.
"Hasil Rakorbang kelurahan tersebut dibahas pada Musrenbang tingkat kecamatan, untuk kemudian ditentukan usulan pembangunan mana yang akan menjadi prioritas untuk diakomodir dalam APBD", tutur Deny. 
Lebih lanjut Deny menjelaskan, untuk Kecamatan Kuranji selain tetap fokus pada pengimplementasian Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), Kuranji juga sudah membentuk kampung tematik dan youth center di setiap kelurahan. 
Hal tersebut mengacu pada visi misi dan program unggulan Wali Kota Padang 2019-2023 dan sesuai amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Pasal 46 dan Permendagri Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).
"Selain fokus pada implementasi ABS-SBK, percepatan peningkatan sarana prasarana juga diprioritaskan", ujar Camat yang pada 12 Februari 2019 ini tepat 3 tahun bertugas di "Nagari Pauh IX" itu.
Musrenbang Kecamatan Kuranji ditutup oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi sekaligus memberikan arahan terkait visi misi Kota Padang yang menekankan pada pembangunan di bidang pendidikan, perdagangan dan kepariwisataan. 
Tidak lupa Mahyeldi menyampaikan harapan dan memberikan apresiasi kepada Kecamatan Kuranji yang telah berkomitmen mengimplementasikan ABS-SBK sebagai sendi dalam setiap kegiatan yang dilakukan. 
Di penghujung acara dilakukan penandatanganan kesepakatan hasil Musrenbang, yang disaksikan oleh Wali Kota Padang. (yz)