Breaking News

Waspada Virus Corona Rektor UNAND Keluarkan SE Baru

Betrans.Padang (Unand) - Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH mengeluarkan edaran terbaru No. 6/UN.16R/SE/2020 terkait Kewaspadaan Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19).

“Melihat situasi perkembangan yang sangat cepat dari kasus COVID-19 dan World Health Organization (WHO) sudah menetapkannya sebagai Pandemi Global pada tanggal 12 Maret 2020,” ujarnya pada Senin (16/3) di Ruang Kerjanya Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Lebih lanjut, ia mengatakan pemerintah Republik Indonesia juga sudah menetapkan bahwa infeksi COVID-19 merupakan Bencana Nasional Non-Alam maka dengan ini Surat Edaran No. 5/UN.16R/SE/2020 tentang KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI COVID-19 tanggal 28 Februari 2020 diperbaiki. Untuk edaran terbaru No. 6/UN.16R/SE/2020 klik DISINI.

Dalam edaran tersebut disampaikannya bahwa kegiatan perkuliahan tetap berjalan seperti biasa dengan pembatasan jumlah maksimal satu perkuliahan adalah 100 orang, hal ini ditetapkan dengan alasan Padang saat ini belum terkonfirmasi infeksi covid-19 dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat belum menetapkan status terjangkit infeksi COVID-19 serta Surat Edaran Dirjen Dikti No.1 Tahun 2020 bahwa Kota Padang tidak termasuk kota yang sangat dianjurkan ke dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Kemudian, untuk pelaksanaan proses pembelajaran diatur sebagai berikut yakni Dosen dapat mengganti kuliah tatap muka dengan pembelajaran Dalam Jaringan (daring),” lanjutnya. Lalu disampaikannya LPTIK dan LP3M akan mendukung pelaksanaan perkuliahan daring.

Terkait pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan dikatakanya yang melibatkan banyak orang seperti seminar, konferensi, pertemuan ilmiah, workshop, pelatihan, lomba-lomba, diskusi kelompok terfokus dan segala bentuk pengarahan masa lainnya untuk sementara waktu ditunda sampai ada ketentuan selanjutnya.

Ia juga mengingatkan untuk bersikap WASPADA terhadap penularan COVID-19 pada lingkungan masing-masing dengan mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak penting di luar rumah dan menghindari adanya keramaian dan menjaga kesehatan masing-masing dan keluarga.

Selanjutnya, ia menyampaikan kegiatan atau acara ilmiah/seremonial yang mengumpulkan orang banyak, baik kuliah umum, acara ilmiah, yudisium, ujian terbuka, wisuda dan seterusnya ditunda sementara waktu sampai ada ketentuan selanjutnya.

“Warga kampus yang menderita flu, batuk segera mengisolasi diri dan tidak masuk kuliah atau kerja dengan melampirkan surat keterangan sakit sampai yang bersangkutan sembuh,” sambungnya.

Rektor juga sudah menunjuk Tim Kewaspadaan Pandemi Covid-19 yang diketuai oleh Direktur Utama Rumah Sakit Universitas Andalas.

Ditambahkannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan maka semua perjalanan dinas KELUAR PROVINSI ditangguhkan sampai ada ketentuan yang menyatakan situasi benar-benar aman dan terkontrol. “Perjalanan dinas keluar provinsi yang penting dan mesti dihadiri harus mendapat izin tertulis Rektor,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan untuk membatasi kontak langsung seperti salaman dan menjaga jarak aman dari droplet (sekitar 2 m) dengan orang lain. “Bersikap menjauhkan diri jika ada penderita batuk/bersin dan mengingatkan yang bersangkutan agar menutup mulut dan hidung dengan lengan atas pada saat batuk atau bersin dan selanjutnya menggunakan masker,”jelasnya.

Lebih lanjut, ia menghimbau untuk tidak panik dan selalu melakukan tindakan pencegahan penularan penyakit seperti melakukan kebersihan rutin dengan mencuci tangan menggunakan sabun cair dan membilas setidaknya 20 detik jika ada kotoran dan melakukan hand higiene dengan menggunakan hand sanitizer jika diperlukan.

“Jika ada yang mengalami gejala demam/batuk-batuk/sesak nafas dengan riwayat melakukan perjalanan atau kontak dengan orang dengan riwayat perjalanan dari daerah terjangkit dalam 14 hari terakhir agar segera melakukan pemeriksaan di IGD RS Unand,” ucapnya.

Humas dan Protokol Unand
#yen
PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi