Breaking News

Zalmadi Anggarkan Pokir Untuk Pelestarian Pencak Silat




Betrans.com Padang- Untuk menjaga kelestarian dunia persilatan yang merupakan warisan leluhur kita Zalmadi anggota DPRD Kota Padang menganggarkan Pokir melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan mengadakan Silaturahmi sasaran perguruan silat Sekecamatan Kuranji di perguruan pencak silat Argunas Gurun Panjang kelurahan gunung sarik 27 Januari 2024.


Panitia Silaturahmi Argunas Jamal menyampaikan terselenggaranya acara silaturahmi ini tak lepas dari bantuan Pokir Zalmadi anggota DPRD Kota Padang.  Jamal Berharap kedepannya kegiatan ini berkelansungan dan dapat meningkatkan nilai nilai kebudayaan yang selama ini terlupakan tutur Jamal  dengan penuh harap.


Hal yang sama juga diungkapkan Selamat Riadi sebagai guru tuo ia berharap kegiatan ini terus berkelanjutan sehingga generasi muda punya semangat yang serius untuk menghidupkan kegiatan ini ia juga berharap kepada Zalmadi untuk terus memberikan pokirnya agar pencak silat ini terus hidup dan semarak di negri kita ini," harap Selamat Riadi .


Perguruan silat Kecamatan Kuranji yang menghadiri acara Silaturahmi itu perguruan silat limau manis, Kuranji sejati , Budi setia , Rumah Bauki, kalumbuk sejati, Sarik Sakti dan beberapa perguruan silat lainya.


Selama ini hanya tiga sasaran silat yang selalu mewakili kota Padang tingkat Sumbar maupun tingkat Nasional untuk itu sekretaris IPSI kota Padang Hendriaji berharap dengan adanya silaturahmi perguruan pencak silat ini ia berharap untuk kedepannya akan lebih meningkatkan perguruan pencak silat lainya agar lebih banyak mewakili tingkat Sumbar maupun Nasional ," harap Hendriaji lagi.


Zalmadi anggota DPRD Kota Padang mengatakan tujuan diadakan silaturahmi ini adalah untuk menjaga kelestarian dunia persilatan yang merupakan warisan leluhur kita agar jangan hilang sepanjang masa sekaligus membentengi generasi muda dari ancaman yang serius terhadap kelangsungan masa depan mereka. Untuk itu Zalmadi bergandengan tangan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan menganggarkan Pokirnya demi melestarikan pencak silat ini agar tidak menjadi tamu didaerah kita sendiri.


,"Minang merupakan asal muasal silat dan jangan sampai dipadang ini silat menjadi tamu didaerah kita sendiri," tutur Zalmadi


Ditambahkan lagi dirinya akan tetap berusaha melestarikan silat dengan menggandeng dinas pendidikan dan kebudayaan dengan membantu perguruan silat yang ada di kecamatan Kuranji maupun pauh asal memenuhi persyaratan yang telah ditentukan ," ujar Zalmadi lagi






Sementara Samdani kepala dinas pendidikan Kota Padang telah berupaya bagaimana kembali mengembangkan budaya tradisional dengan membuat edaran kesekolah untuk mengembangkan kembali alat musik tradisional , silat maupun basurah adat dikatakan lagi cupak jangan diasak urang pangaleh jalan Jan dialih urang lalu,' ujar samdani 


," saat ini kita bersama pemerintah kota Padang menghidupkan kembali bagaimana budaya tradisional kita agar jangan hilang," tutur Samdani menjelaskan.( son)

PT. Transisi Inter Media, Mengucapkan: Selamat datang di Website Beritatransisi.com, Terima kasih telah berkunjung di Website kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Edison Effendi